Selasa, 31 Desember 2013

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan


Tanggung jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) adalah Konsep organisasi dan perusahaan memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan.
http://buggzilla.files.wordpress.com/2012/10/3231329018_4c1589d274.jpg?w=812
1. Tanggung Jawab Sosial Kepada Konsumen, Apabila sebuah perusahaan ingin sukses menjual produknya, mereka harus mampu memikat hati konsumen. Cara efektif menurut saya adalah:
·                       Memberikan harga yang sesuai dengan kualitas barang yang dijual (tidak ada penipuan).
·                       Produk yang dijual dijamin sehat dan tidak memberikan efek negatif bagi kesehatan konsumen.
·                       Memberikan diskon dan garansi pada produk yang dijual.
2. Tanggung Jawab Sosial Kepada Karyawan, Dalam sebuah keluarga, dibutuhkan suatu keharmonisan dalam rumah tangga, sama halnya si suatu perusahaan. Oleh karena itu,  pihak perusahaan haruslah memperlakukan karyawannya dengan baik sesuai dengan hak-hak mereka.
Cara saya memberikan bentuk tanggung jawab sosial yang dilakukan perusahaan kepada karyawannya :
·                       Memberikan gaji yang sesuai dengan jam kerja yang dihabiskan pegawai.
·                       Memberikan asuransi kesehatan, serta berbagai macam tunjangan kepada para pegawai.
·                       Memberikan kenaikan gaji menyesuaikan dengan laju inflasi di negara tersebut.
3. Tanggung Jawab Sosial Kepada Pemegang Saham, Pemegang saham merupakan pihak yang mempercayakan uangnya untuk dijadikan modal perusahaan tersebut supaya dapat terus beroperasi. Cara saya memberikan bentuk tanggung jawab sosial yang dilakukan perusahaan kepada pemegang saham :
·                       Memberikan laporan keuangan yang transparan
·                       Tidak menggelapkan hasil keuntungan perusahaan dan tidak mengurangi keuntungan para pemegang saham.
·                       Bekerja keras supaya perusahaan dapat berkembang untuk membayar kepercayaan yang telah diberikan oleh perusahaan.
4. Tanggung Jawab Sosial Kepada Lingkungan
http://buggzilla.files.wordpress.com/2012/10/csr_globe.jpg?w=812
Perusahaan juga dituntut untuk memberikan tanggung jawabnya kepada lingkungan disekitarnya. Tindakan sebuah perusahaan terhadap lingkungan akan dilihat para konsumen dan dijadikan oleh mereka sebagai sebuah parameter untuk menentukan, apakah perusahaan tersebut perusahaan yang baik atau tidak.
1.        Membuang limbah perusahaan dengan metode yang benar dan tidak mencemari lingkungan sekitar.
2.      Melakukan rehabilitasi terhadap lingkungan yang mungkin secara tidak sengaja rusak akibat kegiatan produksi perusahaan
(misalnya perusahaan kertas yang dalam produksinya terus-menerus menebang pohon, mereka harus menanam ulang pohon tersebut dengan pohon baru yang lebih muda).
Demikian beberapa uraian menurut saya mengenai bentuk dan contoh tanggung jawab sosial yang harus dilakukan perusahaan.
Semuanya bentuk tanggung jawab tersebut harus dan wajib dilakukan oleh sebuah perusahaan, apabila suatu perusahaan tersebut ingin sukses dan terus berkembang dan ingin dikenal sebagai perusahaan yang tidak hanya mengejar keuntungan pribadi, tapi juga dikenal sebagai perusahaan yang memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan disekitarnya. Sekian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar